Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman konsep pentingya peranan pemasaran dalam organisasi dan masyarakat; pengembangan perencanaan dan strategi pemasaran; pentingnya pengelolaan informasi; konsep nilai, loyalitas dan kepuasan pelanggan; perilaku konsumen individu dan bisnis; konsep segmentasi dan targeting; ekuitas merek dan pemosisian; dan strategi memenangkan persaingan. Dalam mata kuliah ini akan dikembangkan sikap menghargai keanekaragaman budaya serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; mampu bekerjasama; disiplin dalam kehidupan; dan menginternalisasi norma dan etika akademik. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat menguasai pengetahuan dan konsep teori dalam ilmu manajemen. Dalam mata kuliah ini mahasiswa juga diberikan kemampuan umum berupa penerapan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks implementasi ilmu pengetahuan dan mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur serta kemampuan khusus untuk terampil dalam melakukan kajian teori dan empirik dalam bidang manajemen berdasarkan metode pemasaran yang ilmiah.
DESKRIPSI MATA KULIAH MP I
Pemasaran perlu dipahami sebagai suatu cara memandang seluruh perusahaan dari hasil akhirnya yaitu dari pandangan pelanggannya. Pemasaran meliputi seluruh kegiatan perusahaan dalam beradaptasi terhadap lingkungannya secara kreatif dan menguntungkan. Perusahaan-perusahaan unggul masa kini menciptakan kebudayaan dimana seluruh anggota organisasi ’sadar akan pasar’ dan ’sadar akan pelanggan’. Manajemen Pemasaran I ini dipakai untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman konsep pentingya peranan pemasaran dalam organisasi dan masyarakat; pengembangan perencanaan dan strategi pemasaran; pentingnya pengelolaan informasi; konsep nilai, loyalitas dan kepuasan pelanggan; perilaku konsumen individu dan bisnis; konsep segmentasi, targeting, ekuitas merek dan pemosisian, dan strategi memenangkan persaingan.